Monday, October 8, 2012

Khasiat Kulit Manggis Untuk Kecantikan


Buah manggis pasti sudah sangat diketahui oleh semua orang. Cukup banyak orang yang suka mengkonsumsi buah manggis karena rasanya manis dan lembut. Namun, ketika memakan buah manggis ataupun menjadikannya sebagai jus, kulit manggis itu sendiri biasanya dibuang karena dianggap tidak bermanfaat. Bagaimana fakta sebenarnya dibalik khasiat kulit manggis?

Berbagai Khasiat Kulit Manggis Untuk Kecantikan

Khasiat kulit manggis dalam hal kesehatan pasti bukanlah hal yang baru lagi bagi kebanyakan orang. Mengkonsumsi kulit manggis dapat menambah tenaga dan stamina tubuh, mencegah penyakit urat saraf, membantu mengatasi penyakit Alzheimeria, mengeluarkan racun dari dalam tubuh, menurunkan tekanan darah tinggi, mengobati kanker, diabetes, penyakit insomnia, jantung dan juga stroke. Tetapi, kulit buah manggis ini tidak hanya berguna bagi orang sakit saja, tetapi juga bagi mereka yang sama sekali tidak sakit. Untuk apa?

Jawabannya adalah khasiat kulit manggis untuk kecantikan. Bagaimana mungkin? Kulit buah manggis memang pahit dan cenderung tidak disukai, namun kandungan yang terdapat di dalamnya berkhasiat tinggi dan sangat efektif dalam menjaga kualitas penampilan Anda.

Kulit manggis memiliki kandungan senyawa yang disebut dengan xanthone. Senyawa ini mengandung zat antioksidan yang tinggi sehingga mampu menangkal radikal bebas. Senyawa ini jugalah yang menjadi antikanker, antibakteri, antidiabetes, antiperadangan, dll. Kulit buah manggis juga membantu memperbaiki sistem produksi hormon baik pada pria maupun wanita sehingga mampu mencegah penuaan dini dan flek pada kulit. Sifat antibakteri dan anti jamur yang terdapat di dalam kulit manggis menjadi cara ampuh dalam mencegah timbulnya jerawat.

Jadi, untuk selanjutnya, nikmatilah buah manggis tanpa membuang kulitnya. Khasiat kulit manggis dapat anda nikmati dengan beberapa langkah. Sediakan beberapa buah manggis yang belum dikupas. Bersihkan dan belah menjadi dua bagian. Kemudian, rebus buah tersebut bersama kulitnya cukup dengan 4 gelas air saja. Biarkan hingga air rebusan berkurang hingga setengah dari sebelumnya. Saring dan minum airnya 2 kali dalam sehari.

Selain dengan cara merebus, Anda juga bisa mendapatkan khasiat kulit manggis dengan cara membuatnya menjadi jus. Bersihkan buah manggis, lalu dipotong-potong dan masukkan ke dalam blender bersama kulit dan bijinya. Hancurkan dan minumlah jus buah manggis utuh tersebut secara rutin. Jus kulit manggis ini berkhasiat mempertahankan kemulusan dan keindahan kulit, mencegah keriput dan memperbaiki sel-sel kulit yang rusak.

Di samping khasiatnya, Anda tetap perlu berjaga-jaga agar tidak kelebihan mengkonsumsi kulit manggis karena di dalamnya terdapat kandungan tanin, resin, serat kasar dan beberapa zat lain yang tidak mampu dicerna jika dikonsumsi dalam kadar tinggi sehingga menyebabkan gangguan ginjal dan usus. Kulit manggis juga tidak disarankan untuk dikonsummsi bagi wanita hamil terlebih lagi pada usia kandungan di bawah enam bulan karena dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangan janin bahkan menyebabkan keguguran.

1 comment:

  1. wueeeh, harus berhati hati, jangan sampai ibu hamil mengkonsumsinya, karena bisa mengalami keguguran ya?
    infonya bagus, harus diketahui oleh semua wanita nih, sangat bermanfaat. makasih, dan salam kenal


    Dara

    ReplyDelete