Monday, October 1, 2012

Manfaat Putih Telur Mengatasi Wajah Berjerawat


Mengatasi Wajah Berjerawat dengan Menggunakan Putih Telur

Telur adalah salah satu bahan makanan yang sangat mudah kita temui di sekitar kita. Selain mudah, bahan makanan yang satu ini pun harganya sangat terjangkau. Pada beberapa orang, telur sering dijadikan sebagai menu sarapan pagi. Telur juga dijadikan campuran masakan seperti memasak nasi goreng, mie, sayur, dan sebagainya. Meski kelihatannya sangat sederhana, telur ternyata memiliki manfaat yang sangat baik dalam merawat dan mengatasi wajah berjerawat. Bagaimana mungkin?

Satu buah telur mengandung banyak vitamin yang mampu mengatasi bakteri penyebab masalah jerawat, salah satunya adalah vitamin B2 yang berfungsi untuk meredakan stres. Stres adalah salah satu penyebab timbulnya jerawat. Jadi, dengan meredakan stres, jerawat pun dapat dicegah. Kemudian, vitamin B3 yang terkandung juga di dalam telur bermanfaat melancarkan peredaran darah yang juga berguna untuk mencegah wajah berjerawat. Ada juga kandungan zinc yang fungsinya meningkatkan kekebalan tubuh, mempercepat penyembuhan luka, serta menstabilkan hormon. Kandungan zinc ini pun tidak kalah penting berguna untuk mengatasi jerawat.

Bagian telur terdiri atas dua bentuk, yaitu bagian putih dan kuning telur. Kedua bagian ini memang sama-sama berguna untuk tubuh, namun secara khusus bagian telur yang sangat bermanfaat untuk mengatasi wajah berjerawat adalah putih telur. Manfaat putih telur pada wajah yakni dapat mengecilkan pori-pori wajah, mengurangi minyak berlebih, mengangkat kotoran dan sel kulit mati, serta membantu menetralisir produksi minyak pada kulit wajah. Jadi, manfaat putih telur tidak sekedar mengobati wajah berjerawat saja, tetapi juga mencegahnya timbul kembali di kemudian hari.

Untuk mendapatkan secara maksimal manfaat putih telur pada wajah, putih telur digunakan untuk dua hal, yaitu perawatan dalam tubuh dan perawatan luar tubuh. Perawatan dari luar tubuh dilakukan dengan membuat masker putih telur. Berikut cara membuatnya.

- Sediakan satu buah telur yang belum dimasak, kemudian pisahkan antara putih telur dan bagian kuningnya.
- Simpan bagian kuning telur, kemudian untuk putih telur, kocoklah hingga berbuih atau berbusa.
- Berikan pula beberapa tetes jus lemon ke dalamnya. Bahan ini juga berguna dalam mengatasi jerawat.
- Sebelum mengaplikasikannya pada wajah, terlebih dahulu bersihkan wajah Anda.
- Setelah itu, lanjutkan dengan mengoleskan masker putih telur dengan ujung jari atau bisa juga dengan kuas kecil dengan gerakan melingkar secara perlahan.
- Jangan mengoleskan masker putih telur pada daerah mata dan mulut.
- Diamkan masker putih telur tersebut selama sekitar 20 menit hingga wajah terasa ketat.
- Langkah terakhir adalah membersihkan wajah menggunakan air hangat.

Lakukan perawatan ini secara rutin minimal sekali seminggu untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Maksimalkan juga dengan perawatan dari dalam yakni mengkonsumsi putih telur yang sudah direbus. Masker putih telur ini dapat menghilangkan jerawat membandel dan mengatasi wajah berjerawat dengan ampuh. Tidak boleh pula terlalu sering karena justru akan membuat wajah menjadi keriput.

2 comments:

  1. putih telur juga berguna untuk mengencangkan pori-pori dan menghilangkan komedo

    ReplyDelete
  2. maksimum berapa kali seminggu boleh apply masker putih telur??

    ReplyDelete